Intip Sejarah McDonald’s Sarinah yang Kini Sudah Tinggal Kenangan

Intip-Sejarah-McDonald’s-Sarinah-yang-Kini-Sudah-Tinggal-Kenangan
Foto dari detik.com

Munculnya kabar tutupnya gerai makanan cepat saji asal Amerika Serikat yakni McDonald’s sudah banyak terdengar masyarakat. Banyak orang merasa punya kenangan tersendiri dengan McD Sarinah ini. Berdiri selama hampir 30 tahun. Berikut ini sejarah McDonald’s Sarinah.
 

Rangkuman Sejarah McDonald’s Sarinah

Siapa yang belum tahu ternyata McD yang berlokasi di Plaza Sarinah ini punya sejarah cukup panjang. Sempat meninggalkan gedung Sarinah untuk beberapa tahun, dan sempat kembali. Kini Mcd Sarinah terpaksa tutup dan mungkin tak kembali lagi untuk kedua kali.
 

Berdiri Tahun 1991 sebagai Gerai Pertama McD di Indonesia

McD yang berlokasi di Plaza Sarinah ini merupakan gerai pertama McD yang juga berlokasi di mall pertama yang dimiliki Indonesia. Restoran waralaba asal AS ini hadir pertama kali di Indonesia pada 14 Februari 1991. Keberadaannya cukup menentukan dan menjadi tonggak kemunculan McD yang kini bisa kita temui hampir di seluruh pusat perbelanjaan.
 

Meninggalkan Sarinah Tahun 2009

Perjalanan McD Sarinah yang cukup panjang yakni 29 tahun pada kenyataannya tak berjalan begitu mulus. Restoran yang menawarkan menu cepat saji ini sempat keluar dari pusat perbelanjaan plaza Sarinah pada tahun 2009, setelah 18 tahun perjalanannya.
 
Peristiwa itu dinilai terjadi lantaran pengusaha bernama Bambang Rachmadi selaku pembawa merek dagang McDonald's ke Indonesia, berseteru dengan pihak McDonald Co. Merek McD Sarinah diubah menjadi Tony Jacks oleh Bambang.
 

Kembali ke Sarinah Tahun 2011

Perseteruan yang terjadi sebelumnya disebabkan oleh Bambang yang mengubah merek McD Sarinah menjadi Tony Jacks. Sayangnya, Tony Jacks yang dikelola Bambang sejak tahun 2009 itu tak berumur panjang dan mengalami kebangkrutan. Momentum itu jadi celah untuk kembalinya McDonald's Indonesia ke gedung Sarinah.
 

Saksi Bisu Demonstrasi 22 Mei 2019

Berdiri tepat di seberang gedung Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), McD Sarinah ini menjadi salah satu saksi bisu peristiwa demonstrasi 22 Mei 2019 yang merupakan buntut dari penyelenggaraan Pilpres 2019.
 
Gedung Sarinah menjadi tempat berlindung saat kerusuhan pecah. Tak sedikit wartawan yang menjadikan gedung ini sebagai tempat untuk menghindar dari amukan massa. Sayangnya, kini salah satu tempat bersejarah ini diputuskan untuk ditutup.
 
Rencana besar pengelola gedung yakni PT Sarinah (Persero) untuk mengembangkan kawasan Plaza Sarinah yang berlokasi di jantung kota Jakarta itu adalah penyebab utama kini McD Sarinah menjadi tinggal kenangan saja. Kabarnya tempat ini akan dibangun tower untuk hotel, perkantoran, ritel, dan exhibition.
 
Begitulah, sejarah McDonald’s Sarinah. Pihaknya menyadari bahwa restoran McDonald’s di Sarinah Thamrin ini merupakan salah satu restoran yang penting dan bersejarah. Tak hanya bagi pengelola tentunya juga bagi banyak konsumen.

Posting Komentar

0 Komentar