Begini Cara Produktif di Bulan Ramadan


Saat berpuasa pada bulan Ramadan, tubuh akan menetralisir atau mendetoksifikasi zat yang tidak dibutuhkan dengan tidak makan dan minum selama 14 jam. Oleh karena itu, tubuh terasa lemas dan terasa ingin tidur. Berikut ini ada beberapa informasi untuk Anda mengenai cara produktif di bulan Ramadan agar ibadah tak hanya sekadar tidur dan bermalas-malasan.

1. Mempersiapkan Kondisi Jasmani 

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah mengenai kondisi jasmani dan rohani. Saat bulan Ramadan jaga kondisi jasmani dengan melakukan aktivitas seperti biasanya. Apabila Anda bekerja, maka bekerjalah seperti biasanya. Jika Anda sedang belajar, kuliah, lakukan juga seperti biasanya. Jangan lupa untuk tidur siang untuk menjaga stamina Anda tetap stabil.
 
Selain melakukan pekerjaan pada umumnya, jangan lupakan untuk berolahraga. Sekalipun olahraga ringan seperti lari-lari kecil di tempat, sit up dan sebagainya. Tapi ingat, lakukan olahraga setelah Anda mendapatkan energi dari makanan dan minuman. Serta lakukan sewajarnya dan jangan terlalu diforsir seperti sebelum bulan Ramadan.

2. Mempersiapkan Kondisi Rohani

Disamping menjaga dan mempersiapkan jasmani, Anda juga harus menyiapkan rohani. Terus jaga rasa semangat dan niat untuk beribadah pada bulan Ramadan. Pasalnya, ibadah yang dilakukan pada bulan ini akan mendapatkan keistimewaan daripada bulan-bulan lainnya. Selain itu, pada bulan ini saatnya memperbaiki resolusi yang telah Anda rencanakan sebelumnya.
 
Apabila paginya Anda melakukan kegiatan seperti pada umumnya, malam harinya bisa Anda isi dengan lebih banyak beribadah. Misalnya salat tarawih, menambah hafalan atau mengaji Al-Quran dan lain sebagainya. Jika masih ada waktu tersisa sebelum Anda tidur, Anda bisa isi dengan hal bermanfaat lainnya.

3. Mempersiapkan Asupan Gizi

Hal berikutnya yang bisa Anda lakukan adalah memilih dan memilah menu dari asupan gizi. Anda bisa mencari referensi dari internet mengenai kandungan gizi sebagai pengganti zat yang telah hilang dari tubuh. Misalnya menu makanan yang mengandung banyak air, buah-buahan dan sayuran. Sesuaikan juga dengan kondisi tubuh Anda.

4. Mengikuti Kegiatan Positif dan Produktif di Luar

Selain melakukan kegiatan di rumah, Anda juga bisa melibatkan diri di lingkungan yang positif dan produktif lainnya. Misalnya komunitas dakwah, komunitas berbagi maupun bisa menjadi panitia kajian di masjid atau mushola terdekat. Adanya kegiatan seperti ini bisa memotivasi Anda agar bisa mencapai target ibadah, menambah relasi dan lingkungan baru.
 
Demikianlah sejumlah cara produktif di bulan Ramadan agar aktivitas tak hanya bermalas-malasan. Anda juga bisa mengevaluasi atas semua kegiatan maupun resolusi yang belum tercapai. Jika perlu, Anda bisa menggunakan bantuan dari buku agenda.

Posting Komentar

0 Komentar