“Penyakit Autoimun itu Mematikan,” Benarkah Demikian?

Penyakit-Autoimun-itu-Mematikan-Benarkah-Demikian
Foto dari Canva Photos Unlimited
Penyakit autoimun cukup populer dalam masyarakat Indonesia, meski begitu penyakit ini punya mitos yang cukup mengerikan bahwa penderitanya dapat meregang nyawa akibat penyakit ini. Apakah benar penyakit ini begitu mematikan? 

Ada Banyak Jenis Kasus Autoimun 

Terkadang kita lupa bahwa penyakit ini juga punya banyak sekali jenis. Tercatat hampir 80 jenis penyakit yang tergolong dalam autoimun. Jika dibilang mematikan memang ada beberapa yang bisa berkesempatan untuk itu, sebagian besar justru tidak. 

Jenis-jenis dari penyakit ini sangat beragam mulai dari yang biasa saja hingga yang langka. Kita selalu punya ketakutan berlebih terhadap sesuatu yang tidak kita kenal. Hal itulah yang membuat penyakit ini terasa begitu mengerikan hingga dibilang mematikan. 

Jenis yang Umum di Masyarakat 

Ada beberapa jenis dari penyakit ini yang sering kita temui di masyarakat Indonesia. Kasusnya justru terlihat biasa saja, namun beberapa juga tergolong berbahaya bagi kesehatan masyarakat. Apa sajakah kasus-kasus itu? 

1. Penyakit Geaves 

Penyakit ini menyebabkan kehilangan berat badan, gelisah, rambut rontok dan mata menonjol. Munculnya penyakit ini biasanya juga disertai dengan demam yang tinggi. namun bukan berarti penyakit ini bisa mematikan yang kita pikirkan. 

2. Multiple Sclerosis 

Penyakit ini mengakibatkan diskordinasi pada tubuh kita. Beberapa gejalanya seperti lelah, nyeri, otot tegang dan gangguan penglihatan. Pada penyakit multiple sclerosis kelumpuhan juga bisa menjadi salah satu akibat dari penyakit ini. Tapi kalau dibilang fatal sepertinya itu tidak terlalu benar. 

3. Psoriasis 

Penyakit ini menyerang kulit manusia dan membuatnya seperti bersisik. Penyakit ini tidak bisa kita katakan sebagai penyakit yang fatal,sebab hanya menyerang kulit dan membuatnya seolah-olah bersisik. 

4. Rheumatoid Arthritis 

Merupakan penyakit sendi yang gejalanya berupa radang ataupun nyeri sendi disertai pembengkakan. Arthritis atau radang sendi juga merupakan salah satu kasus terbanyak yang terjadi di Indonesia. Namun penyakit ini tidak dapat dikatakan sebagai penyakit yang fatal seperti mitos yang beredar di masyarakat. 

Memang berapa dari penyakit ini dapat berakibat fatal, tapi tidak semuanya terkesan seperti itu. Contohnya penyakit kulit bersisik. Penyakit tersebut bukanlah merupakan penyakit yang fatal tapi hanya mengganggu anda dalam beraktivitas sehari-hari.

Posting Komentar

0 Komentar